Advertise Here

Minggu, 20 Maret 2011

Smpn 2 ciamis

      SMP NEGERI 2 CIAMIS
Sekolah Bertaraf Internasional
 
 
 
SMP Negeri 2 Ciamis didirikan pada tahun 1958 yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 241, 1 KM dari arah barat pusat kota Ciamis.

      Dalam perkembangannya, sejak tahun 1999 / 2000 dibawah kepemimpinan Drs. Agus Sumantri, M.Pd, perlahan tapi pasti berbebah diri dari sekolah "Kumuh" menjadi sebuah yang "Represntatif" sebagai tempat belajar para siswa. Dan sejak tahun 1999 pengelolaan sekolah ini telah menerapkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS). MPMBS ini dipandang oleh Direktorat PLP telah berhasil, sehingga pada tahun 2002 kepala sekolahnya (Agus Sumantri) mendapat kesempatan untuk studi banding ke Australia Barat, tepatnya di Perth guna mempelajari tentang Manajemen Berbasis Sekolah di Curtin University of Technologi Pada tahun 2007 ditetapkan sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional ( RSBI).



     Penataan Lingkungan sekolah ini sangat mendukung terhadap program sekolah sebagai pusat pembelajaran, sebab setiap lahan di bentuk menjadi beberapa taman yang asri, sehingga para siswa dan seluruh warganya merasa betah selama tinggal disekolah. SMPN 2 Ciamis oleh seluruh warganya disebut sebagai rumah kedua.

      Daya dukung Komite dan para orang tua siswa (sosial ekonominya menengah ke bawah) terhadap sekolah ini sangat tinggi, hal ini terbukti dengan partisipasinya yang besar. Sebagai contoh, pengembangan Masjid yang berlantai 2 (dua) dan sarana-sarana gedung lainnya dibangun oleh komite sekolah dari dana partisipasi orang tua siswa. Pada tiap tahunnya selalu ada karya nyata dari komite dan pihak sekolah, sehingga tingkat kepercayaan orang tua siswa terhadap sekolah inipun menjadi sangat tinggi.
      Para siswa sangat disiplin dalam kesehariannya, karena disekolah ini tata tertib kehidupan sosial siswanya dilaksanakan dengan baik, sehingga siswa (baik siswa putra maupun putri) yang bermasalah disekolah hampir tidak ada.
      Pelaksanaan pembiasaan (Budaya) disekolah ini berjalan dengan baik dan sebagai contoh, WC siswa sangat terawat, bersih dan sehat, sebab WC diperlakukan seperti dirumah sendiri, Para penggunaan WC tidak boleh menggunakan alas kaki.
      Sekolah ini memiliki Visi:
"Dengan Disiplin Kita Berprestasi melalui Pengembangan Akademis dan Non Akedemis Selaras dengan Tatanan iman dan memiliki kompetensi global berjati diri bangsa Indonesia" sangat cocok dan pas, karena disiplin siswa dan penerapan budaya 5 S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun) telah menjadi budaya disekolah ini.
      Prestasi Akademik dan Non akademiknya, sangat membanggakan bahkan diluar prestasi tersebut SMP Negeri 2 Ciamis secara kelembagaan juga meraih prestasi yang sangat membaggakan, diantaranya: Sebagai Juara Wawasan Wiyata Mandala, Sekolah Hijau, Sekolah Sehat, Echo School, dan terakhir sebagai Nominator sekolah ADWIYATA Tingkat Nasional di Tahun 2006 ini. SMP Negeri 2 Ciamis oleh Dinas Kesehatan Reproduksi Remaja (PIKKRR) bagi seluruh remaja putri se-Kabupaten Ciamis.
      Manajemen pengelolaan pembelajaran dan pengolahan kelas SMPN 2 Ciamis menggunakan Manajemen "MOVING STUDENTS SEMESTER CLAAS" Secara singkat dapat digambarkan bahwa modelmoving students semester class ini merupakan bentuk layanan untuk para siswa dalam rangka upaya untuk memperoleh kesempatan dalam pengkatan mutu akademis. Selain itu pula, aktivitas siswa SMP Negeri 2 Ciamis rata-rata sampai dengan pukul 16.30 WIB, sehingga sekolah ini mendapat sebutan FULL DAY ACTIVITIES SCHOOL.
      Di SMP Negeri 2 Ciamis terdapat sumber informasi dan komunikasi termasuk pembelajaran jarak jauh, yakni Radio sekolah yang bernama D'PAST FM 107,9 MHz. Radio ini mengudara dari pukul 14.00 WIB s.d pukul 23.00 WIB dimana para penyiarnya adalah siswa dan guru.
      SMP Negeri 2 Ciamis sebagai RSBI memiliki kewajiban , memperkaya , menguatkan dan mengembangkan  8 SNP ,sehingga kurikulum SMPN 2 Ciamis adalah SNP + X , dengan acara mengadopsi dan mengadapsikan kurikulum SMPN 2 Ciamis dengan Sekaolah sekolah yang ada diluar negeri melalui program School Sisters dengan sekolah luar negeri yang tergabung dalam negara OECD  atau negara yang lebih maju dari negara kita, untuk hal tersebut SMPN 2 Ciamis telah menjalin kemitraan dengan SMK Putrajaya Malaysia dan SMP Turkey  sebagai school sisternya.
     Akuntabilitas, ketransparanan manajemen, serta keberlanjutan program-program sekolah di SMP Negeri 2 Ciamis sangat signifikan, sehingga SMP Negeri 2 Ciamis masih sangat layak untuk tetap menjadi Sekolah Bertaraf Internasional (SBI).
                                                                                                                     KEPALA SEKOLAH
                                                                                                              DR. AGUS SUMANTRI, M.Pd

0 komentar:

Posting Komentar

 
Cheap Web Hosting | Top Web Host | Great HTML Templates from easytemplates.com.